Sabtu, 30 Maret 2019

Metamorfosis


Kali ini saya membuat PPT interaktif yang berjudul metamorfosis, dibuat sebagai media interaktif yang menarik untuk menunjang guru memberikan pembelajaran dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas 4 SD. Dikemas dengan slide animasi, transisi, dan animasi yang menarik bagi anak SD. Di dalamnya terdapat materi tentang metamorfosis yakni metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, selain materi juga dilengkapi dengan video beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis, guna memudahkan siswa untuk memahami tahapan hewan dalam mengalami metamorfosis. Selain itu juga dilengkapi dengan latihan soal guna memberikan penguatan dan sebagai evaluasi siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Rangkuman Materi Pada PPT :
Metamorfosis adalah perubahan/perkembangan biologi yang terjadi pada diri makhluk hidup berawal dari telur hingga menjadi dewasa secara sempurna dengan mengalami perubahan pada bentuk anatomi, morfologi maupun fisiologis. Dalam proses metamorfosis, terdapat dua macam metamorfosis, yakni :
1.      Metamorfosis sempurna
Adalah perubahan bentuk ketika muda hingga akhirnya hewan tersebut menjadi dewasa. Hewan mengalami 4 tahap yaitu mulai dari telur-larva-pupa-imago (hewan dewasa)
Contoh : kupu-kupu, katak, nyamuk
2.      Metamorfosis tidak sempurna
Adalah pertumbuhan dan perkembangan dengan hanya organ tertentu saja yang terjadi perubahan fisiologis. Hewan mengalami 3 tahap yaitu mulai telur-nimfa- imago (hewan dewasa).
Contoh : belalang, capung, lalat

Berikut tampilan slide dalam PPT Interaktif tentang Metamorfosis :

1.      Tampian Home
Tampilan pada home PPT menampilkan judul dari PPT interaktif tersebut dan tombol mulai, dan background dibuat semenarik mungkin dengan menampilan animasi-animasi bergerak hewan yang akan dibahas pada materi untuk menumbuhkan minat siswa mempelajarai metamorfosis.
2.      Tampilan Menu 
Pada tampilan menu terdapat tombol materi, tujuan pembelajaran, pentunjuk penggunaan, quiz atau latihan soal dan profil.
3.      Tampilan Materi 
Kemudian tampilan materi yang memuat materi apa saj ayng akan dibahas, pengguna bisa mengklik materi mana yang akan disampaikan terlebih dahulu, selain itu terdapat tombol-tombol disebelah kanan pojok yakni tombol menu, tombol quiz, dan tombol home, jika pengguna ingin ke slide tersebut bisa langkung mengkliknya. 
4.      Tampilan Isi materi dan quiz 
Tampilan Isi materi terdapat pilihan tombol seperti pengertian, skema tahapan dan video tahapan metamorfosis, di mana pengguna bisa memilih akan membuka sesuai keinginan, di sisi-sisi pojok slide juga terdapat pilihan tombol yaknik tombol home, menu, materi, next, back, dan tombol quiz.

Ingin mengetahui lebih lanjut, download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar